Rabu, 26 Januari 2011

DNS Server Windows 2003

Server ini mempunyai kegunaan service DNS. DNS berguna untuk menerjemah alamat domain sebuah komputer kedalam bentuk IP. oleh sebab itu jika kita tidak menentukan DNS server pada setingan IP address, maka kita akan kesulitan untuk membuka situs seperti Facebook :),  karena alamat facebook tersebut harus di terjemahkan terlebih dahulu kedalam IP address sebelum komputer kita bisa terkoneksi ke server facebook tersebut. Sedangkan alamat IP server DNS belum di tentukan oleh kita.Contohnya terlebih dahulu kita harus mengetik alamat IP nya 66.220.149.11, sedangkan DNS langsung memasukan situs nya www.facebook.com, nah loh yang mana yang gampang? terserah anda memilihnya.

  1. Pada menu Start > Manage Your Server. Atau bisa juga dengan cara Klik Start > Control Panel > Add or Remove Program.

    Kemudia akan tampil jendela Add Or Remove Program , kemudian pilih Add or  Remove Windows Component.


    1. Kemudian akan muncul jendela Windows Components Wizard
    1. Beri tanda Centang ( ) pada menu “Networking Services” kemudia Klik Details. Setelah jendela menu detail muncul Aktifkan atau beri tanda centang ( ) pada DNS. Kemudian Klik OK, Kemudian Klik Next

    1. Kemudian tunggu beberapa saat, sampai proses penginstallan “Windows Component Wizard “ Selesai. Kemudian Klik Finish


    1. Setelah DNS diinstall dapat kita lihat dengan cara Klik Menu Start > Administrative Tools > DNS.
    1. Kemudian buka DNS yang sudah diinstall.

    1. setelah Jendela DNS muncul sekarang kita akan membuat Zone baru dengan cara, klik Kanan pada Forward Lookup Zones > New Zone .. > kemudian Next.

    1. Setelah itu akan muncul jendela “ New Zone Wizard, Zone Type” kemudian Klik Next.

    1. Setelah itu akan muncul jendela “New Zone Wizard, Zone Name”, isikan nama zone , seperti contoh dibawah ini saya menulis nama zone dengan nama “Harival” kemudian klik Next.

    1. Kemudian akan muncul jendel “Zone File” untuk jendela ini kita bias Next saja, kemudian akan muncul jendela “Dynamic Zone “ pastikan “Do not allow Dynamic updates” aktif. Kemudian klik Next.

    1. setelah itu akan muncul jendela “Cpmpleting the New Zone Wizard” dan klik Finish.


    Setelah penambahan Zone baru sekarang kita akan membuat Host Baru (New Zone)
    1. Klik kanan pada nama Zone (harival) kemudian Pilih New Host (A)

    1. Kemudian akan muncul jendela  “New Host”  sebagai contoh : saya memberi nama host dengan nama “www” sedangkan IP Address yang saya gunakan adalah “10.20.30.37” kemudian klik “add host” dan Done. 
    2. kemudian kita akan membuat New Alias (CName), klik kanan pada nama Zone yang telah kita buat (harival) > Pilih New Alias (CNAME)

    1. Setelah jendela “New Resource Record” muncul isikan nama alias dengan nama terserah yang anda inginkan disini saya menggunakan nama “ belajar_bersama”. Kemudian pada form “Fully qualified domain name “ klik tombol Browse.. disebelahnya  kemudian pilih Nama DNS yang kita buat tadi, Contoh :
    Ø  Rival > Forward Lookup Zones > Harival > www , kemudian OK


    0 komentar:

    Posting Komentar