Selasa, 04 Januari 2011

Macam - Macam Server

Peladen atau sering disebut juga dengan server yaitu sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. server ini sendiri di dukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, serta di lengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai network operating system. server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya  yang terdapat didalamnya, dan
memberika akses kepada workstation anggota jaringan.

Pada umumnya didalm system operasi server terdapat berbagai bermacam service yang menggunakan arsitektur clien-server. contoh dari serivice ini adalah DHCP server, Mail server, Proxy server, FTP server dan DNS server. dan saya akan menjelaskan itu semua (setau saya).
  1. DHCP server : protokol yang berbasis arsitektur client atau server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian sebuah alamat IP dan satu jaringan.
  2. Mail server : jenis derver ini mempunyai peran untuk melayani client yang lain, yang dimana surat tersebut disimpan dalam server mail itu juga. Selain sebagai tempat menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail service seperti web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang di punya client.
  3. Proxy server : bisa digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan. server in bisa diunakan untuk memfilter permintaan service masuk maupu keluar dari sebuah client. Dengan adanya proxy server ini, kita bisa memblock suatu IP agar bisa berkomunikasi anatar sesama.
  4. FTP server : server ini merupakan layanan protokol FTP. dengan adanya server FTP ini, segala permintaan FTP (transfer data) akan terlaksana.
  5. DNS server : server ini mempunyai kegunaan service DNS. DNS berguna untuk menerjemah alamat domain sebuah komputer kedalam bentuk IP. oleh sebab itu jika kita tidak menentukan DNS server pada setingan IP address, maka kita akan kesulitan untuk membuka situs seperti Facebook :),  karena alamat facebook tersebut harus di terjemahkan terlebih dahulu kedalam IP address sebelum komputer kita bisa terkoneksi ke server facebook tersebut. Sedangkan alamat IP server DNS belum di tentukan oleh kita.Contohnya terlebih dahulu kita harus mengetik alamat IP nya 66.220.149.11, sedangkan DNS langsung memasukan situs nya www.facebook.com, nah loh yang mana yang gampang? terserah anda memilihnya.

1 komentar:

T. Khairil Ahsyar mengatakan...

tugasnya udah dikoreksi, dikit kali...

Posting Komentar